Resep Tongseng Daging Sapi Santan Pedas Masakan Khas Solo

By | December 12, 2020

Versi Wikipedia, tongseng merupakan masakan sejenis gulai dengan bumbu rempah yang lebih tajam. Perbedaan yang lebih jelas adalah penggunaan dagingnya. Umumnya tongseng dibuat dengan menggunakan daging yang masih melekat pada tulang, terutama tulang iga dan tulang belakang. Daging yang sering diolah menjadi tongseng adalah daging kambing. Walaupun saat ini ada banyak kreasi resep tongseng yang ada di Indonesia seperti resep tongseng daging sapi, resep tongseng daging ayam dan juga tongseng daging kerbau.

Untuk menambah citarasa masakan tongseng daging agar semakin enak dan komplit, biasanya di dalam tongseng terdapat irisan sayur kol, tomat, dan juga daun bawang. Kuah kental masakan tongseng sungguh nikmat, bumbu yang digunakan merupakan oseng-oseng yang terdiri dari campuran garam, bawang putih, lada, dan juga kecap untuk mendapatkan rasa manis gurih. Jika kita berkunjung ke restauran atau pedagang tenda kaki lima, tongseng ini biasanya dijual bersama dengan sate kambing dan juga sate ayam.

Resep Tongseng Daging Sapi Santan Pedas Masakan Khas Solo

Resep Tongseng Daging Sapi Santan Pedas Masakan Khas Solo

Resep Tongseng Daging Sapi Santan Pedas Masakan Khas Solo

Tongseng merupakan salah satu sajian khas daerah Solo, Magelang dan sekitarnya. Namun adapula variasi tongseng daging suir tahu yang berasal dari Kebumen dan juga olahan tongseng lainnya dari Betawi.

Bahan Membuat Tongseng Sapi :

  1. Daging sapi 1 kilo gram (gunakan bagian sengkel atau sandung lamur biar enak)
  2. Kol 5 lembar, iris kasar
  3. Santan 1,5 liter dibuat dari 1 butir kelapa
  4. Cabai rawit utuh 15 buah
  5. Seruas lengkuas, memarkan
  6. Daun salam 4 lembar
  7. Kayu manis 1 batang kecil
  8. Sereh 2 batang, memarkan
  9. Tomat 2 buah, potong-potong
  10. Kecap manis 4 sendok makan
  11. Garam dan gula secukupnya

Bumbu Yang Dihaluskan Untuk Memasak Tongseng Daging Sapi :

  1. Bawang merah 12 butir
  2. Bawang putih 7 siung
  3. Cabai merah keriting 8 buah
  4. Kemiri 4 buah
  5. Ketumbar 4 sendok teh
  6. Merica 2 sendok teh
  7. Seruas kunyit

Cara Membuat Tongseng Daging Sapi :

  1. Tumis bumbu halus bersama daun salam, sereh, lengkuas, dan kayu manis hingga tercium aroma wangi sedap.
  2. Masukkan daging sapi yang sudah dipotong-potong sesuai selera, aduk sampai berubah warna.
  3. Tambahkan santan, masukkan cabai rawit, kecap manis, garam, dan juga gula pasir secukupnya.
  4. Masak hingga daging cukup empuk dan kuah mengental. Cicipi rasanya, menjelang angkat masakan jangan lupa tambahkan kol dan juga irisan tomat.
  5. Sajikan tongseng panas dengan ditaburi bawang goreng dan bahan tambahan lainnya seperti acar wortel mentimun serta kerupuk emping melinjo jika suka.
  6. Ini merupakan salah satu kreasi resep tongseng daging sapi rumahan dengan bumbu sederhana yang tersedia di dapur. Walaupun begitu rasanya sudah enak dan mantap loh! Apalagi disajikan dengan nasi putih pulen, wuih bisa nambah berkali-kali tuh.

Nah untuk resep tongseng daging sapi versi bumbu rempah komplit maka Bunda bisa tambahkan cengkeh 3 biji, jinten, daun jeruk, dan juga kapulaga.

Tips : Jangan lupa gunakan daging sapi bagian sengkel atau sandung lamur, agar mudah dimasak dan cepat empuk dalam waktu yang singkat.

Bagi yang ingin membuat tongseng daging sapi untuk anak-anak, penggunaan cabai bisa di skip. Atau sebaliknya, jika ingin membuat Resep Tongseng Daging Sapi dengan citarasa yang super pedas silahkan tambahkan cabe rawit setan sebanyak yang diinginkan. Ini merupakan resep tongseng daging sapi dengan bumbu bersantan, kalau ingin bikin tongseng sapi tanpa menggunakan santan maka bisa skip santannya. Lalu gunakan Fibercreme untuk mendapatkan rasa gurihnya, atau bisa tidak pakai semuanya untuk resep tongseng daging sapi tanpa santan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *